Jumat, 02 Desember 2011

pembelajaran fleksibel


BELAJAR FLEKSIBEL DALAM PEMBELAJARAN
BELAJAR FLEKSIBEL
MERUPAKAN SUATU SISTEM PENDIDIKAN YANG MEM-BERIKAN  KESEMPATAN LEBIH BANYAK KEPADA PESERTA  DIDIKNYA UNTUK MEMILIH APA, DIMANA DAN KAPAN BELAJAR YANG SESUAI DENGAN KE-PERLUAN DAN KONDISINYA
Meliputi dimensi : Waktu, Tempat, Isi, Persya-ratan, Keikutsertaan, Pendekatan pembel-ajaran, Sumber belajar, dan Penyajian Pelajaran serta logistik 
WAKTU BELAJAR
INJTERAKSI TATAP MUKAN DISESUAI-KAN DENGAN PELUANG DAN KETER-SEDIAAN WAKTU PEMELAJAR
BELAJAR MANDIRI ATAU KELOMPOK DAPAT DILAKSANAKAN KAPAN SAJA BERDASARKAN KESEPAKATAN BERSAMA
BERLANGSUNG SEPANJANG HAYAT
INTERAKSI TATAP MUKA DISESUAI-KAN DENGAN PELUANG DAN KETER-SEDIAAN WAKTU PEMELAJAR
BELAJAR MANDIRI ATAU KELOMPOK DAPAT DILAKSANAKAN KAPAN SAJA BERDASARKAN KESEPAKATAN BERSAMA
BERLANGSUNG SEPANJANG HAYAT
TEMPAT BELAJAR
DI SEKOLAH & DI LUAR SEKOLAH
DI SEKOLAH TIDAK TERBATAS DALAM KELAS à LABORATORIUM, PERPUS-TAKAAN
DI SEKOLAH MEMPEROLEH AKSES UNTUK MEMASUKI JARINGAN MAYA
DI LUAR SEKOLAH à RUMAH, TEMPAT BERMAIN & LINGKUNGAN
ISI PELAJARAN
LEBIH TAILOR MADE
TERSEDIANYA PELAJARAN PILIHAN
DIMUNGKINKANNYA PEMBAHASAN TEMA ATAU TOPIK YANG AKTUAL YANG DIALAMI BERSAMA
DISEDIAKAN PEDOMAN DAN KERANG-KA BANTUAN (PERANCAH= SCAFFOLD) UNTUK PENGUASAAN PELAJARAN 
PERSYARATAN KEIKUTSERTAAN
LEBIH MENEKANKAN PADA BUKTI KINERJA DARIPADA KREDENSIAL AKADEMIK
LONGGAR BAGI PENINGKATAN PRO-FESONAL DALAM OBYEK TERTENTU
BERKESIMBANGAN DENGAN MEMBERI KESEMPATAN MEREKA YANG DALAM KONDISI KETERBATASAN
PENDEKATAN PEMBELAJARAN
PENDEKATAN LEARNER-CENTERED
DIKELOLA BERBAGAI BENTUK INTERAKSI PEEMBELAJARAN
BERBASIS PADA TEORI, KONSEP DAN PERSPEKTIF KONSTRUKTIVISTIK
DIBUKANYA BERBAGAI POLA SEPERTI E-LEARNING, BLENDED LEARNING DSB.
SUMBER
SENGAJA DIKEMBANGKAN DAN/ATAU DIMANFAATKAN  UNTUK MEMFASILTASI TERJADINYA BELAJARSUMBER 
DIRANCANG & DIGUNAKAN SUMBER TEKNOLOGIKAL YANG TEPAT GUNA (appropriate technological resources)
DIMANFAATKANNYA NARASUMBER DAN LINGKUNGAN
SETIAP KEGIATAN PEMBELAJARAN  ME-MERLUKAN SUMBER BELAJAR, MESKIPUN ADA SUMBER BELAJAR YANG  DIGUNAKAN LANGSUNG UNTUK BELAJAR, TANPA ADA PEMBELAJARAN
PENYAJIAN PELAJARAN DAN LOGISTIK
DIKEMBANGKANNYA PENYAJIAN BERMEDIA (MEDIATED DELIVERY)
BUDAYA MENULIS & BERKOMUNIKASI DENGAN BERBAGAI MODUS
DIMUNGKINAKNNYA INTERAKSI SYNCHRONOUS DAN ASYNCHRONOUS
TERSEDIANYA INFRASTRUKTUR DAN SUMBERDAYA MANUSIA PROFESIONAL
PEMBELAJARAN
PROSES INTERAKSI PESERTA DIDIK DENGAN PENDIDIK DAN SUMBER BELAJAR LAIN DALAM SUATU LINGKUNGAN PENDIDIKAN
USAHA YANG DILAKUKAN OLEH SESEORANG ATAU SATU TIM UNTUK MENGHASILKAN SESUATU AGAR DAPAT DIPAKAI ORANG LAIN UNTUK BELAJAR
INTERAKSI
PEMELAJAR
PEMELAJAR
PEMELAJAR
PEMBELAJAR
PEMELAJAR
KELOMPOK
PEMELAJAR
BUKU & MEDIA
PEMELAJAR
LINGKUNGAN
PEMELAJAR
MATERI PELAJARAN
PEMELAJAR
PROGRAM
PEMBELAJARAN KONVENSIONAL
DALAM LINGKUNGAN TERBATAS (KELAS)
LEBIH BANYAK DIDOMINASI OLEH GURU/DOSEN (TEACHER-CENTERED)
KESERAGAMAN BELAJAR
MATA PELAJARAN YANG TERKOTAK-KOTAK
PENGUASAAN ATAS ISI PELAJARAN TERTENTU (CONTENT-ORIENTED)
SUMBER BELAJAR TERBATAS
PERUBAHAN LINGKUNGAN
KESADARAN TERHADAP LINGKUNGAN GLOBAL  (GLOBALISASI)
MENINGKATNYA  INTERAKSI DAN INTERKONEKSI
MENINGKATNYA LINGKUP KEGIATAN
MENINGKATNYA KETERGANTUNGAN PADA KEMAJUAN TEKNOLOGI  & PER-UBAHAN SOSIAL BUDAYA 
PERKEMBANGAN IPTEK
PERUBAHAN KONSEP
PEMBELAJARAN BERFOKUS PADA PESERTA DIDIK (STUDENT-CENTERED)
BELAJAR  = KEGIATAN YANG TERJALIN DALAM MASYARAKAT
PEMELAJAR  MENGEMBANGKAN POTENSI  DIRINYA
KEGIATAN  YANG  BERMAKNA  MELALUI INTERAKSI  SOSIAL
PERKEMBANGAN  PENGETAHUAN  MELALUI  INTERAKSI  YANG  LUAS
KECENDERUNGAN GLOBAL
BELAJAR SEPANJANG HAYAT
BELAJAR TERBUKA & JARAK JAUH
POLA PEMBELAJARAN ALTERNATIF
TUNTUTAN AKSES DAN KEADILAN
JARINGAN PROGRAM & KELEMBAGAAN
PEMANFAATNA TEKNOLOGI (TIK/ICT)
ANEKA SUMBER BELAJAR
BELAJAR  UNTUK BELAJAR (LEARNING TO LEARN)
SYARAT PENYELENGGARAAN
PRINSIP
MENJAGA MUTU
MENJAGA KESIMBANGAN
TIDAK KOMERSIAL 
KEBIJAKAN
LANDASAN PERATURAN
KETERSEDIAAN INFRASTRUKTUR
DUKUNGAN BIAYA
KESIMPULAN
BELAJAR FLEKSIBEL MERUPAKAN TUNTUTAN UNTUK MEMASUKI TANTANGAN GLOBAL
SUATU SISTEM YANG MELIPUTI SEMUA DIMENSI, BUKAN SEKEDAR PENAM-BAHAN ATAS SISTEM YANG SUDAH ADA
PERLU ADANYA TENAGA PROFESIONAL DALAM SUATU TIM PENGEMBANGAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar