BELAJAR FLEKSIBEL DALAM PEMBELAJARAN
BELAJAR FLEKSIBEL
MERUPAKAN SUATU SISTEM PENDIDIKAN YANG MEM-BERIKAN KESEMPATAN LEBIH BANYAK KEPADA PESERTA DIDIKNYA UNTUK MEMILIH APA, DIMANA DAN KAPAN BELAJAR YANG SESUAI DENGAN KE-PERLUAN DAN KONDISINYA
Meliputi dimensi : Waktu, Tempat, Isi, Persya-ratan, Keikutsertaan, Pendekatan pembel-ajaran, Sumber belajar, dan Penyajian Pelajaran serta logistik
WAKTU BELAJAR
n INJTERAKSI TATAP MUKAN DISESUAI-KAN DENGAN PELUANG DAN KETER-SEDIAAN WAKTU PEMELAJAR
n BELAJAR MANDIRI ATAU KELOMPOK DAPAT DILAKSANAKAN KAPAN SAJA BERDASARKAN KESEPAKATAN BERSAMA
n BERLANGSUNG SEPANJANG HAYAT
n INTERAKSI TATAP MUKA DISESUAI-KAN DENGAN PELUANG DAN KETER-SEDIAAN WAKTU PEMELAJAR
n BELAJAR MANDIRI ATAU KELOMPOK DAPAT DILAKSANAKAN KAPAN SAJA BERDASARKAN KESEPAKATAN BERSAMA
n BERLANGSUNG SEPANJANG HAYAT
TEMPAT BELAJAR
n DI SEKOLAH & DI LUAR SEKOLAH
n DI SEKOLAH TIDAK TERBATAS DALAM KELAS à LABORATORIUM, PERPUS-TAKAAN
n DI SEKOLAH MEMPEROLEH AKSES UNTUK MEMASUKI JARINGAN MAYA
n DI LUAR SEKOLAH à RUMAH, TEMPAT BERMAIN & LINGKUNGAN
ISI PELAJARAN
n LEBIH “TAILOR MADE”
n TERSEDIANYA PELAJARAN PILIHAN
n DIMUNGKINKANNYA PEMBAHASAN TEMA ATAU TOPIK YANG AKTUAL YANG DIALAMI BERSAMA
n DISEDIAKAN PEDOMAN DAN KERANG-KA BANTUAN (PERANCAH= SCAFFOLD) UNTUK PENGUASAAN PELAJARAN
PERSYARATAN KEIKUTSERTAAN
n LEBIH MENEKANKAN PADA BUKTI KINERJA DARIPADA KREDENSIAL AKADEMIK
n LONGGAR BAGI PENINGKATAN PRO-FESONAL DALAM OBYEK TERTENTU
n BERKESIMBANGAN DENGAN MEMBERI KESEMPATAN MEREKA YANG DALAM KONDISI KETERBATASAN
PENDEKATAN PEMBELAJARAN
n PENDEKATAN LEARNER-CENTERED
n DIKELOLA BERBAGAI BENTUK INTERAKSI PEEMBELAJARAN
n BERBASIS PADA TEORI, KONSEP DAN PERSPEKTIF KONSTRUKTIVISTIK
n DIBUKANYA BERBAGAI POLA SEPERTI E-LEARNING, BLENDED LEARNING DSB.
SUMBER
n SENGAJA DIKEMBANGKAN DAN/ATAU DIMANFAATKAN UNTUK MEMFASILTASI TERJADINYA BELAJARSUMBER
n DIRANCANG & DIGUNAKAN SUMBER TEKNOLOGIKAL YANG TEPAT GUNA (appropriate technological resources)
n DIMANFAATKANNYA NARASUMBER DAN LINGKUNGAN
n SETIAP KEGIATAN PEMBELAJARAN ME-MERLUKAN SUMBER BELAJAR, MESKIPUN ADA SUMBER BELAJAR YANG DIGUNAKAN LANGSUNG UNTUK BELAJAR, TANPA ADA PEMBELAJARAN
PENYAJIAN PELAJARAN DAN LOGISTIK
n DIKEMBANGKANNYA PENYAJIAN BERMEDIA (MEDIATED DELIVERY)
n BUDAYA MENULIS & BERKOMUNIKASI DENGAN BERBAGAI MODUS
n DIMUNGKINAKNNYA INTERAKSI SYNCHRONOUS DAN ASYNCHRONOUS
n TERSEDIANYA INFRASTRUKTUR DAN SUMBERDAYA MANUSIA PROFESIONAL
PEMBELAJARAN
n PROSES INTERAKSI PESERTA DIDIK DENGAN PENDIDIK DAN SUMBER BELAJAR LAIN DALAM SUATU LINGKUNGAN PENDIDIKAN
n USAHA YANG DILAKUKAN OLEH SESEORANG ATAU SATU TIM UNTUK MENGHASILKAN SESUATU AGAR DAPAT DIPAKAI ORANG LAIN UNTUK BELAJAR
INTERAKSI
n PEMELAJAR | n PEMELAJAR | |
n PEMELAJAR | n PEMBELAJAR | |
n PEMELAJAR | n KELOMPOK | |
n PEMELAJAR | n BUKU & MEDIA | |
n PEMELAJAR | n LINGKUNGAN | |
n PEMELAJAR | n MATERI PELAJARAN | |
n PEMELAJAR | n PROGRAM |
PEMBELAJARAN KONVENSIONAL
n DALAM LINGKUNGAN TERBATAS (KELAS)
n LEBIH BANYAK DIDOMINASI OLEH GURU/DOSEN (TEACHER-CENTERED)
n KESERAGAMAN BELAJAR
n MATA PELAJARAN YANG TERKOTAK-KOTAK
n PENGUASAAN ATAS ISI PELAJARAN TERTENTU (CONTENT-ORIENTED)
n SUMBER BELAJAR TERBATAS
PERUBAHAN LINGKUNGAN
n KESADARAN TERHADAP LINGKUNGAN GLOBAL (GLOBALISASI)
n MENINGKATNYA INTERAKSI DAN INTERKONEKSI
n MENINGKATNYA LINGKUP KEGIATAN
n MENINGKATNYA KETERGANTUNGAN PADA KEMAJUAN TEKNOLOGI & PER-UBAHAN SOSIAL BUDAYA
n PERKEMBANGAN IPTEK
PERUBAHAN KONSEP
n PEMBELAJARAN BERFOKUS PADA PESERTA DIDIK (STUDENT-CENTERED)
n BELAJAR = KEGIATAN YANG TERJALIN DALAM MASYARAKAT
n PEMELAJAR MENGEMBANGKAN POTENSI DIRINYA
n KEGIATAN YANG BERMAKNA MELALUI INTERAKSI SOSIAL
n PERKEMBANGAN PENGETAHUAN MELALUI INTERAKSI YANG LUAS
KECENDERUNGAN GLOBAL
n BELAJAR SEPANJANG HAYAT
n BELAJAR TERBUKA & JARAK JAUH
n POLA PEMBELAJARAN ALTERNATIF
n TUNTUTAN AKSES DAN KEADILAN
n JARINGAN PROGRAM & KELEMBAGAAN
n PEMANFAATNA TEKNOLOGI (TIK/ICT)
n ANEKA SUMBER BELAJAR
n BELAJAR UNTUK BELAJAR (LEARNING TO LEARN)
SYARAT PENYELENGGARAAN
n PRINSIP
n MENJAGA MUTU
n MENJAGA KESIMBANGAN
n TIDAK KOMERSIAL
n KEBIJAKAN
n LANDASAN PERATURAN
n KETERSEDIAAN INFRASTRUKTUR
n DUKUNGAN BIAYA
KESIMPULAN
n BELAJAR FLEKSIBEL MERUPAKAN TUNTUTAN UNTUK MEMASUKI TANTANGAN GLOBAL
n SUATU SISTEM YANG MELIPUTI SEMUA DIMENSI, BUKAN SEKEDAR PENAM-BAHAN ATAS SISTEM YANG SUDAH ADA
n PERLU ADANYA TENAGA PROFESIONAL DALAM SUATU TIM PENGEMBANGAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar